|
Usulan Nama Bisnis Toko Online |
Dalam dunia bisnis, pemilihan nama / brand merupakan hal utama yang perlu mendapatkan perhatikan khusus, karena seperti yang kita semua ketahui bahwa nama / brand akan sangat berperan penting dalam hal viralitas. Jadi jika Anda ingin membuat sebuah produk tersebut melejit dalam waktu seketika, maka pilihlah nama brand yang mempunyai efek viral tinggi, seperti misalnya pemilihan nama brand yang unik dan menarik, yang mampu membuat siapa saja tertarik untuk terus membaca / melihatnya. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara memilih nama brand untuk bisnis toko online Anda akan saya bahas dibawah.
Kita kembali ke topik mengenai nama bisnis toko online, disini saya akan memberikan usulan nama terbaik berdasarkan jenis bisnis toko online yang sedang Anda jalankan.
1. Nama Owner
Usulan pertama untuk nama toko online terbaik versi saya adalah dengan memberikan nama owner atau pemilik dari toko online tersebut. Jadi misal si owner bernama 'Amelia' maka untuk nama toko online bisa menggabungkan nama owner + fashion / nama owner + ol shop, jadi nanti Anda akan mendapat dua usulan nama untuk toko online tersebut.
- Amelia Fashion
- Amelia Ol Shop
Pemilihan atau penggunaan nama owner sebagai nama toko online. Memliliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan | Kekurangan |
Mudah diingat, khususnya oleh teman Anda | Efek viralitas kurang |
Secara tidak langsung, mampu mendongkrakelektabilitas si pemilik toko Online | Tidak terlalu unik |
2. Nama Harapan
Toko online yang diberi nama sesuai dengan harapan sang pemilik adalah saran nama toko online terbaik kedua. Alasannya sederhana, karena dengan menuliskan harapan sebagai nama toko online, maka secara tidak langsung hal tersebut akan memotivasi kita untuk bisa sukses dalam bisnis online. Berikut saya berikan contoh penggunaan nama harapan untuk toko online.
- Ol Shop Jaya Selalu
- Sukses Fashion Shop
- Masyur Ol Shop
Silahkan Anda kreasikan sesuai dengan pilihan nama toko online yang menurut Anda terbaik dan tentunya harus mudah diingat.
Kelebihan | Kekurangan |
Memberi semangat dan motivasi kepadaowner | Mengandung kesan yang tidak kreatif |
Mempengaruhiemosi pembaca menjadi lebih optimis |
Memilikiefek viralitas yang cukup bagus |
3. Nama Keywords
Keyword atau kata kunci juga bisa Anda jadikan alternatif pilihan untuk nama toko online, karena selain mudah diingat, pastinya juga akan membantu web toko online kita semakin mudah bersaing di Google dengan situs toko online lain. Sebagai contoh jika Anda berjualan jilbab / pakaian muslim, maka cobalah untuk memberi nama toko online dengan pilihan nama berikut ini :
- Jilbab Muslim Indonesia (jilbabmuslimindonesia.com)
- Baju Muslimah Elok (bajumuslimahelok.com)
Intinya disini kita hanya menggabungkan kata kunci dengan beberapa kata general (umum) seperti bagus, elok, jaya, bermutu dan lain-lain.
Kelebihan | Kekurangan |
Sangat SEO dan mudah bersaing di SERP | Tidak unik |
Mudah diingat oleh pengunjung | Terkesan kurang kreatif |
| Tidak mengandung Brand |
4. Nama Unik
Jika biasanya toko online diberi nama dengan susunan 'nama owner + ol shop' itu sudah mainstream, maka Anda bisa mencoba memberi nama yang berbeda dan tentunya bukan hanya unik namun juga harus menarik. Berikut beberapa contoh nama toko online yang unik dan lucu.
- ModalMadel Ol Shop (nama toko online baju)
- Kingkong (nama toko online peralatan adventure)
- KudaJingkrak (nama toko online obat kuat)
Semakin unik dan lucu nama toko online yang kita pilih, maka semakin mudah pula pengunjung untuk mengingatnya, hal tersebut tentu akan mempermudah pengunjung jika ingin kembali lagi ke toko online Anda.
Kelebihan | Kekurangan |
Mudah diingat | Terkesan tidak professional |
Sangatviral, dan akan mejadi perbincangan masyarakat umum |
Untuk mempermudah Anda dalam memilih nama toko online, untuk itu saya berikan 4 tips penting yang harus diperhatikan sebelum menentukan nama toko online.
Tips Dalam Memilih Nama Toko Online
Selain nama yang unik, ada beberapa faktor lain yang harus Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih nama toko online, faktor yang saya maksud antara lain meliputi :
- Mudah Diingat
Salah satu faktor penting yang akan membuat brand / nama toko online bisa dipromosikan dari mulut ke mulut adalah kemudahan dalam pengingatan dan pengucapan. Jadi tidak hanya harus mudah diingat namun juga harus mudah diucapkan.
- Tidak Pasaran
Nama yang pasaran, bisa jadi akan membuat reputasi dari toko online Anda menjadi turun karena orang akan menganggap toko online Anda tidak memiliki nilai lebih, khususnya dalam hal nama atau logo toko online.
- Mengandung Makna
Logo toko online tidak harus bagus, namun setidaknya harus memiliki makna yang jelas dan pastinya harus menggambarkan tujuan dari toko online tersebut.
- Mudah Dimengerti
Selain mudah diingat, Pemilihan nama toko online setidaknya juga harus mudah dimengerti dan dipahami oleh semua kalangan.
Keempat hal diatas mutlak Anda pertimbangkan saat memilih nama untuk bisnis toko online Anda.
Sementara itu dulu usulan nama bisnis toko online yang bisa saya bagikan, kedepan jika ada waktu akan saya usahakan untuk mengupdate daftar ide nama untuk bisnis toko online diatas.